Perbedaan pengaruh metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap kemampuan servis bawah bola voli mini pada siswa putra kelas v sd negeri papahan 01 tasikmadu karanganyar tahun pelajaran 2009/2010

Khasanah, Umi (2010) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap kemampuan servis bawah bola voli mini pada siswa putra kelas v sd negeri papahan 01 tasikmadu karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (268Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap kemampuan servis bawah bola voli mini p pada siswa putra kelas V Sekolah Dasar Negeri Papahan 01 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. (2) Metode pembelajaran yang lebih efektif antara metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap kemampuan servis bawah bola voli mini pada siswa putra kelas V Sekolah Dasar Negeri Papahan 01 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa putra kelas V SD Negeri Papahan 01 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010 berjumlah 48 orang. Keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian, sehingga penelitian ini penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan servis bawah bola voli dari Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Depdiknas. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap kemampuan servis bawah bola voli mini pada siswa putra kelas V SD Negeri Papahan 01 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. (thit 2.14 > ttabel 5% sebesar 2.069). (2) Metode pembelajaran keseluruhan lebih efektif pengaruhnya daripada metode bagian terhadap kemampuan servis bawah bola voli mini pada siswa putra kelas V SD Negeri Papahan 01 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2009/2010. Kelompok 1 (kelompok metode pembelajaran keseluruhan) memiliki peningkatan sebesar 59.54%. Sedangkan kelompok 2 (kelompok metode pembelajaran bagian) memiliki peningkatan sebesar 32.58%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: danny
    Date Deposited: 24 Nov 2010 14:53
    Last Modified: 24 Nov 2010 14:53
    URI: http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/80

    Actions (login required)

    View Item